Serba Serbi

Cut Mutia Jadi Kampung Pancasila

Kampung Pancasila adalah julukan untuk suatu desa yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Dicertuskan ide tersebut oleh Bapak Kepala Staff Angkatan Darat yakin Bapak Jenderal Dudung Abdulrahman Kampung Pancasila merupakan petunjuk bagi tiap-tiap Kodim di Kabupaten untuk segera mewujudkan nya di tiap Kecamatan.

Ada pun latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila diharapkan dapat

• Menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

• Sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

• Sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama.

• Sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras.

• Adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.

Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah sebagai berikut:

• Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.

• Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam.

• Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.

• Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila.

• Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Kodim 0209/LB di Kabupaten LabuhanBatu Sebagai yamg mendapat petunjuk bergerak cepat dengan didukung para tokoh masyarakat,tokoh agama ,seniman dan warga sekitar dengan sigap dalam tempo waktu yang sesingkat-singkatnya baru-baru ini Kodim 0209/LB melalui peyaksian Dandim 0209/LB Bapak Letkol İnf Asrol Kurniawan Harahap. SE .M.tr(Han) telah pun berhasil menjadikan salah suatu Lingkuangan di Kelurahan Siringo-ringo Kecamatan Rantau Utara tepatnya di Lingkuangan Jalan Cut Mutia dengan sulap mantra gotong royong selama 4hari maka hari Kamis 10Maret2022 resmilah warga Lingkungan Jalan Cut Mutia Rantau Prapat sebagai Lingkungan percontohan nilai-nilai luhur Pancasila dengan disematkannya Lingkungan tersebut sebagai Kampung Pancasila.

Dihadiri oleh Kasdim 0209/LB serta tampak hadir wakil Bupati LabuhanBatu dan juga hadir Kepala Kejaksaam Neferi LabuhamBatu ,Ketua Persit KCK 0209/LB PJU Kodim Wakapolres LabuhanBatu,Kakan KeMenag LabuhanBatu ,camat Rantau Utara,,GMNİ LabuhanBatu dan Tokoh Budaya serta para undangan lainnya.

Diharapkam dengan adanya program Kampung Pancasila maka dapat meningkatnya kecerdasan masyarakat terhadap proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul di kedepannya dalam berbangsa terhadap negara ditengah-tengah masyarakat yang beragam sukunya.

Pancasila Abadi

Sigondrong Dalamdiam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *